jenis hama dan penyakit pada tanaman anggur


a.     Latar belakang
Selain pemahaman dan penerapan metode budidaya yang tepat, keberhasilan budiaya tanaman anggur juga membutuhkan kesiapan petani anggur terhadap gangguan dan serangan hama dan penyakit yang mungkin timbul. Hal ini diperlukan untuk menghindari kerugian akibat buah yang dihasilkan tidak optimal ataupun bermutu rendah bahkan mencegah terjadinya kerugian yang lebih besar akibat terjadinya gagal panen karena faktor hama ataupun penyakit yang menyerang tanamaan anggur. Sebagai bekal pengetahuan, berikut beberapa jenis hama dan penyakit yang umum menyerang tanaman anggur berikut teknik pengendaliannya.
b.     Jenis hama yang umum menyerang tanaman anggur antara lain:
1.      Phylloxera Vitifolia
2.      Menyerang tanaman anggur baik muda maupun tua berakibat anggur jadi kering dan mati. Yang diserang adalah daun dan akar tanaman secara langsung. Gejala umum pada daun terbentuk bisul-bisul kecil dan akar membengkak seperti kutil. Hama ini menetap di bawah kulit batang yang terkelupas dan dalam jaringan akar.
3.      Kumbang Apogonia destructor
4.      Bentuk kumbang kecil dan warna hitam mengkilat. Menyerang daun anggur pada malam hari dan kumbang ini mudah tertarik oleh sinar lampu.

5.      Wereng daun

6.      Serangan wereng ini menyebabkan daun anggur berbintik putih, kemudian menjadi kuning coklat dan gugur.

7.      Kutu putih

8.      Dapat menyebabkan pucuk/tunas menjadi kerdil.

9.      Ulat daun

10.  Menyerang daun untuk dijadikan makanannya.

11.  Rayap

12.  Serangan yang paling parah bila menggerogoti akar tanaman yang masih muda sehingga membuat jadi layu dan akhirnya mati.
13.  Burung, kalong, bajing dan musang
c.       Tehnik pengendalian hama
Cara untuk memberantas hama anggur dilakukan dengan menyemprotkan insektisida pada bagian yang terkena serangan. Penyemprotan dilakukan secara rutin dan dihentikan menjelang masa petik. Khusus hama Phyloxera vitifolia dilakukan dengan menyiramkan insektisida di sekeliling tanaman. Penyiraman bisa dilakukan sebelum tanam, setelah tanam/setelah panen. Sedangkan untuk menanggulangi hama dari hewan besar dapat memakai jebakan.
d.      Serangan penyakit pada tanaman anggur
Jenis penyakit yang umum menyerang tanaman annggur, antara lain :
Downy Mildew (jamur)
Gejalanya daun nampak kuning bagian bawah terlihat ada tepung warna putih ­kuning. Daun, bunga maupun tandan muda bisa mati bila terkena penyakit ini terutama saat musim penghujan atau kelembaban yang tinggi.
Powdery Mildew
Pada permukaan daun terdapat bedak tipis putih kelabu. Menyerang pucuk, bunga dan buah muda bahkan dapat merusak ranting sehingga jadi kerdil dan rusak.
Penyakit busuk hitam
Menyebabkan buah jadi keriput, busuk dan gugur.
Phakospora Vitis
Daun sebelah bawah tertutup tepung berwarna orange (massa sporanya).
Peronospora
Bila udara terlalu lembab jamur ini menyerang daun anggur dan dapat dikenali karena spora berwarna kuning di bawah daun.

Teknik pengendalian penyakit :

Untuk memberantas penyakit anggur dilakukan dengan menyemprotkan fungisida dengan waktu sebelum masa berbunga, setelah berbunga dan 8-12 hari sesudah penyemprotan kedua setelah berbunga. Sedang untuk penyakit busuk hitam penyemprotan dilakukan sebelum masa berbunga, saat berbunga dan 2 minggu sebelum masa petik.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "jenis hama dan penyakit pada tanaman anggur"

gustariii said...

Klo boleh tau sumber info ini dr mana ya,?
Terimakasih sebelumnya

gustariii said...

Klo boleh tau sumber infony dari mana ya,?
Terimakasih sbelumny,,

Unknown said...

sekilas saya ambil dari buku bertanam anggur